makalah ekonomi mikro - Hamidi Putra Soddara
Headlines News :
Home » » makalah ekonomi mikro

makalah ekonomi mikro

Written By Unknown on Sondag 30 Maart 2014 | 21:17


MAKALAH
TEORI EKONOMI MIKRO
PENGANGGURAN YANG TERJADI DI INDONESIA

Makalah ini di ajukan untuk memenuhi tugas teori ekonomi mikro



Oleh:
HAMIDI
Nim: 2012120013

FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI
Jl. Telaga Warna Blok C Tlogomas Malang
Tlp. (0341) 565500, Fax. (0341) 565522
2013







KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua, sehingga berkat karunianya penulis dapat menyelesaikan makalah “Pengangguran Yang terjadi  Di Indonesia” Dalam penyusunan makalah ini, penulis tidak lupa mengucapkan Terima Kasih Kepada Ibu Heryastutik ML.Dra karena telah sudi mendidik kami dengan jerih payah juga dengan penuh ikhlasan mengajar kami.

            Dalam makalah ini kami menyusun secara detail mengenai “Pengangguran Yang terjadi Di Indonesia”  Hal ini bertujuan agar pembaca dapat mengetahui lebih jelas dan berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis sendiri maupun kepada pembaca umumnya.
            Kami telah berusaha untuk menyusun makalah ini sebaik mungkin, namun karena keterbatasan kami sebagai penyusun makalah ini mungkin masih ada kekurangan. Oleh karena itu, saran dan kritik kami harapkan dari pembaca makalah ini agar kami dapat membuat makalah yang lebih baik dari pada ini , selanjutnya . Kurang lebihnya kami mohon maaf.


                                                                                    Malang, 09 Januari 2013

                                                                                                                                                                                                                                                            penyusun                    





DAFTAR ISI
Kata Pengantar…………………………………………………….……………………i  
Daftar Isi………………………………………………………………………………...ii  
Artikel ……………………………………………………………………………..……iii 
Bab I Pendahuluan  
I .1. Latar Balakang Masalah  ………………………………………………….1
I.2. Rumusan Masalah……………………………………………………….…1
I.3. Tujuan Masalah……………………………………………………….……1
I.4. Manfaat Penulisan………………………………………………….………1    
BAB. II Analisa Teori……………………………………………………….…………2   
BAB. III PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Pengangguran ……………....................................................3
3.2.DampakTerjadinyaPengangguran………………………………..…….…3
3.3. Macam-macam Pengangguran ………………...................................… 5         
3.4. Penyebab Pengangguran……………………………………….............5
3.5.  Solusi Dalam Mengatasi Pengangguran....................................................7
3.6. Hypotesa..............................................................................................8

Bab. IV Penutup      
4.1. Kesimpulan………………………………………………….……...……9
4.2. Saran………………………………………………………………...……9
Daftar Pustaka………………………………………………………………..…….10






BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
            Dalam suatu Negara, Negara mana yang tidak menginginkan negaranya maju dan sejahterah serta dapat memenuhi apa yang di butuhkan oleh warga negaranya?, Semua Negara pasti menginginkan hal tersebut. Namun apalah daya jika seluruh kekuatan telah diarahkan untuk kesejahteraan bangsa tapi  Negara tersebut masih menglami beberapa masalah, salah satunya masalah pengangguran yang mana hal tersebut merupakan kendala bagi kemajuan suatu negara, yang akan saya bahas dalam makalah ini. Kita tidak bisa apa-apa kecuali mencari jalan keluar untuk memecahkan masalah yang sedang di hadapi oleh Negara kita.
1.2. Rumusan Masalah
            1.  apa pengertian pengangguran itu sendiri?
            2. apa  Dampak pengangguran?
           4. berapakah Macam-macam pengangguran?
            5.bagaimana Solusi Dalam Mengatasi Pengangguran? 
6. apa Penyebab terjadinya pengangguran?
7. bagaimana  Solusi alternative?
           
1.3. Tujuan Masalah
            Masalah di atas di buat agar kita lebih mengetahui  apa penyebab pengangguran , apa dampak dari pengangguran tersebut, macam-macam pengangguran, serta penyelesainnya atau solusi dalam mengatasi pengangguran.
1.4. Manfaat Penulisan
Kita dapat mengetahui seputar info tentang masalah pengangguran di Negara sendiri  serta  mungkin solusi-solusi yang saya tuliskan bisa di terapkan di suatu Negara minimal di Negara kita sendiri mengenai masalah pengangguran.


BAB II
ANALISA TEORI

            Pengangguran memang suatu permasalahan di hadapi oleh semua Negara tanpa terkecuali Negara maju maupun Negara berkembang atau bahkan Negara miskin sekalipun. Karena pengangguran bukanlah suatu hal yang mudah untuk di hadapi bahkan di hapuskan akan tetapi suatu Negara hany a bisa mengurangi  terhadap angka pengangguran yang ada di Negaranya tersebut namun hal itu sangatlah sulit tidak segampang kita membalikkan telapak tangan. Seperti halnya Negara indonesia, masalah pengangguran bukanlah hal yang tabu lagi tapi sudah menjadi hal yang biasa. Sampai saat ini indonesia tidak bisa mengatasi masalah pengangguran namun hanya bisa mengurangi angka pengangguran yang ada. Tapi pada kenyataannya angka pengangguran yang ada di indonesia semakin tahun semakin meningkat.
Opini saya terhadap makalah ini adalah makalah ini sudah bagus karena memberikan suatu pengetahuan baru terhadap saya akan tetapi makalah ini akan menjadi lebih bagus lagi jika membahas secara keseluruhan tentang masalah pengangguran misalnya di lengkapi dengan tabel  atau grafik angka pengangguran yang  yang ada di indonesia dari tahun ketahun sehingga kita sebagai penikmat makalah ini mengetahui berapa peningkatan atau pengurangan angka pengangguran  yang ada di indonesia dari tahun ke tahun.










BAB III
PEMBAHASAN
3.1. Pengertian Pengangguran.
Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja sama sekali, sedangkan mencari pekerjaan sangat sulit dan mendapatkan pekerjaan yang layak itu sangat sulit bagi dirinya. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.
Pengangguran tidak dapat di elak oleh suatu bangsa sebagai suatu permasalahan yang harus dihadapi sekaligus mencari solusinya.  Pada faktanya masalah pengangguran yang di hadapi oleh suatu bangsa tidak bisa di hilangkan namun hanya bisa di minimalisir  tapi hal itu juga sangat sulit karena masalah pengangguran berkaitan dengan masalah lapangan pekerjaan yang tersedia dan tempat yang ada, sedangkan di indonesia lapangan pekerjaan hanyalah sedikit dan hanya di tempati oleh orang-orang itu saja sedangkan tiap tahun angka pengangguran semakin meningkat dan tidak bisa  terkendalikan dan juga tanah yang ada di indonesia semakin sedikit karena telah di gunakan untuk pembangunan rumah dan lain-lain.
Dan juga orang yang telah mempunyai lapangan pekerjaan atau seorang manajer hanya memperkerjakan sanak familinya sendiri di dalam perusahaannya sehingga tiada cela pintu untuk orang lain masuk pada perusahaan tersebut. Dalam menyikapi permasalahan tersebut suatu Negara akan terus berusaha mencari solusinya dan berusaha mendirikan lapangan kerja baru untuk menampung para penganggur yang ada sekaligus menguranginya.
3.2  Dampak Terjadinya Pengangguran
beberapa dampak pengangguran yang terjadi di Indonesia. Sehingga Dampak tersebut tak hanya berpengaruh pada orang bersangkutan saja,melainkan juga memberikan pengaruh terhadap sistemik yang bersifat negatif.



a.      Dampak individu
jurusan yang kita ambil tidak menjamin kita untuk menjadi orang yang sukses karena  lulusan dari  jurusan yang jarang dicari tentu saja akan mengalami kesulitan setelah tamat dari bangku pendidikan formal. Menjadi pengangguran adalah tekanan mental yang tak terdeskripsikan. Banyak orang hampir frustasi dan stres dengan status sebagai pengangguran. Terlebih saat ia dituntut menghidupi keluarga, anak dan istri, baik yang masih lajang pun akan merasa tertekan, baik di lingkungan keluarga, teman-teman dan masyarakat sekitar. Sehingga setelah Bertemu dengan teman-teman  lama yang telah sukses adalah hal yang sangat menyebalkan karena aidikatnya sebagai pengangguran. Sehingga Banyak juga orang yang tak sanggup menghadapi kondisi ini. Apalagi dari pihak keluarga ikut-ikutan memberi tekanan seperti anak, istri dan lain sebagainya.

b.      Dampak social
pengangguran di Indonesia memicu berbagai macam jenis kejahatan sosial yang terjadi di masyarakat. Berbagai bentuk kejahatan sosial yang tejadi di indonesia seperti halnya; perampokan, pencopetan, korupsi dan berbagai tindakan kemaksiatan. Bayangkan jika seorang pemuda yang sudah begitu ingin menikah namun tak kunjung menemukan lapangan pekerjaan, maka yang mungkin akan ia lakukan adalah berbagai tindakan asusila.
 sehingga seorang kepala keluarga pengangguranpun yang harus menghidupi anak dan istrinya, maka pekerjaan seperti copet atau rampok menjadi pilihan pekerjaan yang dengan mudah bisa dilakukan. Demikian juga korupsi, sebagian orang bisa jadi melakukan korupsi akibat merasa ketidakcukupan penghasilannya dalam menafkahi keluarga. Di samping bagi sebagian orang telah menjadi budaya tradisi.








3.3 Macam-macam Pengangguran
a.       Pengangguran Friksional
Pengangguran friksional adalah pengangguran yang disebabkan adanya  lamaran pekerja artinya pengangguran ini disebabkan karena ketinggalan informasi, dan penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pembuka lapangan kerja. Semakin maju suatu perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

b.       Pengangguran Musiman
Pengangguran musiman adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur. Contohnya seperti petani yang menanti musim tanam, tukan jualan duren yang menanti musim durian.

c.       Pengangguran Siklikal
Pengangguran siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.

3..4 . Penyebab Pengangguran
            Pengangguran terjadi karena beberapa sebab atau faktor, diantaranya sebagai berikut;
a.      Faktor Friksional
Faktor friksional menyebabkan para pencari kerja tidak tahu bahwa ada lowongan yang sesuai dengan keinginan mereka. Sehinga lowongan tersebut tidak bisa diisi dan menimbulkan pengangguran yang jumlahnya tidak banyak dan tidak berpengaruh terhadap perekonomian secara keseluruhan.



b.      Faktor Siklus Bisnis
Umumnya perusahaan mengalami masa-masa menurunnya permintaan agregat sehingga pasar menjadi lesu dan berakibat pada sedikitnya permintaan terhadap produksi sehingga memaksa perusahaan mengurangi pekerja dengan jalan mengajukan PHK atau pensiun dini kepada pekerjanya sehingga pekerja tersebut tidak mempunyai pekerjaan lagi.
c.       Faktor Struktural
adalah pengangguran yang terjadi karena seseorang diberhentikan oleh perusahaan, karena kondisi perusahaan yang sedang mengalami kemunduran usaha sehingga terpaksa mengurangi tenaga kerja.
d.      Faktor Teknologi
Seperti penemuan mesin baru dan pemakaian robot dalam proses produksi.sehingga kepedulian terhadap tenaga kerja manusia semakin berkurag karena sudah ada teknologi yang lebih canggih di bandingkan tenaga manusia.

e.       Faktor Lapangan Kerja
Lapangan kerja yang terssedia lebih sedikit dibandingkan dengan angkatan kerja, sehingga pengangguran yang tejadi di indonesia semakin meningkat.

f.        Kebijakan Pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat
kebijakan Pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat akan menimbulkan pengangguran baru, Menurut Menakertrans, kenaikan BBM kemarin telah menambah pengangguran sekitar 1 juta orang. Kebijakan Pemerintah yang lebih menekankan pada pertumbuhan ekonomi bukan pemerataan juga mengakibatkan banyak ketimpangan dan pengangguran. Banyaknya pembukaan industri tanpa memperhatikan dampak lingkungan telah mengakibatkan pencemaran dan mematikan lapangan kerja yang sudah ada.




3.5.  Solusi Dalam Mengatasi Pengangguran
Solusi dalam mengatasi pengangguran dan menciptakan lapangan pekerjaan secara garis besar dilakukan dengan dua mekanisme, yaitu: mekanisme individu dan sosial ekonomi. Pertama: mekanisme indifidu
Dalam mekanisme ini, secara langsung memberikan pemahaman kepada individu, terutama melalui sistem pendidikan, serta memberikan keterampilan dan modal bagi mereka yang membutuhkan.
Kedua:mekanisme sosial ekonome.
Mekanisme ini dilakukan melalui sistem dan kebijakan, baik kebijakan di bidang ekonomi maupun bidang sosial yang terkait dengan masalah pengangguran.
a.       Negara wajib menciptakan lapangan kerja agar setiap orang yang mampu bekerja  dapat memperoleh pekerjaan. Dalam bidang ekonomi kebijakan yang dilakukan Khalifah adalah meningkatkan dan mendatangkan investasi yang halal untuk dikembangkan di sektor real baik di bidang pertanian dan kehutanan, kelautan, dan tambang maupun meningkatkan volume perdagangan.
b.      Negara menyediakan jaminan sosial berupa jasa pendidikan, kesehatan, dan keamanan. Pendidikan, kesehatan, dan keamanan adalah kebutuhan asasi dan harus dikecap oleh manusia dalam hidupnya. Berbeda dengan kebutuhan pokok berupa barang (pangan, sandang dan papan), dimana negara menjamin pemenuhannya melalui mekanisme yang bertahap, maka terhadap pemenuhan kebutuhan jasa pendidikan, kesehatan, dan keamanan dipenuhi negara secara langsung kepada setiap individu rakyat.
c.       Negara harus berpihak kepada pengusaha maupun buruh secara adil.
Hubungan ketenagakerjaan adalah hubungan kemitraan yang harusnya saling menguntungkan. Tidak boleh satu pihak merugikan pihak lain ataupun dirugikan oleh pihak lainnya. Oleh karena itu, kontrak kerja antara pengusaha dan pekerja adalah kontrak kerjasama yang saling menguntungkan. Pengusaha diuntungkan karena ia menperoleh jasa dari pekerja untuk melaksanakan pekerjaan tertentu yang dibutuhkannya. Sebaliknya, pekerja diuntungkan karena ia memperoleh penghasilan dari imbalan yang diberikan pengusaha karena ia memberikan jasa kepadanya.

3.6. Hypotesa
Solusi alternatif mengenai masalah pengangguran ialah dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan sendiri tanpa harus bergantung pada lapangna pekerjaan yang akan atau telah di bangun oleh pemerintah. Sehingga dengan kita menciptakan lapangan pekerjaan sendiri secara otomatis kita juga bisa menjadi seorang einterprenourship yang akan menjadi perintis dalam pengurangan pengangguran dengan cara menarik tenaga kerja yang sedang menganggur untuk masuk pada perusahaan kita tapi tentunya tenaga kerja yang mempunyai skill atau potensi yang sesuai dengan yang di buuthkan di perusahaan kita. Selain itu kita juga akan memperoleh banyak pengalaman selama menjadi seorang wirausahawan yang mungkin pengalaman itu btidak akan didapat oleh orang yang tidak pernah dan tidak akan mencoba untuk memulai suatu usaha.




















BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
      Masalah pengangguran bukanlah masalah yanag tabu bagi suatu Negara melainkan sudah merupakan hal yang biasa untuk di hadapi namun tidak ada selesai-selesainya dakam mengurusnya. Meski demikian, bukan berarti suatu Negara diam berpangku tangan dalam menghadapi masalah tersebut tapi suatu Negara tetap berusaha untuk meminimalisirnya baik dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan baru atau dengan cara memberi gaji terhadap orang yang menganggur.
4.2. Saran
      Marilah kita bersama-sama membangun Negara tercinta ini menjadi Negara yang lebih baik dari yang sebelumnya, salah satunya dengan cara mengurangi angka pengangguran yang ada saat ini.bertindak walaupun sedikit itu lebih baik daripada diam terpaku  pada angan-angan yang besar.












DAFTAR PUSTAKA
www.google.com. Masalah Ekonomi yang Ada di Indonesia Saat Ini
Sukwiaty dkk. 2006. Ekonomi SMA X. Bandung: Yudistira
 http://www.scribd.com .
 Hadi, Samsul s.pd.2006.IPS Ekonomi untuk SMP / MTS kelas VIII Semester.Jakarta:CV
Graha Pustaka.
     










Share this article :

1 opmerking:

About

TUTORIAL BLOG

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Hamidi Putra Soddara - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template