- Hamidi Putra Soddara
Headlines News :
Home » »

Written By Unknown on Maandag 01 April 2013 | 07:54


By hamidi

Dewasa ini banyak masyarakat yang menyangka bahwa santri yang sekaligus menjadi siswa adalah merupakan harapan bangsa. Yang selalu berjalan dengan sahayanya menjalani langkah denngan penuh harapan, bahkan berjuta kepercayaan masyarkat telah digenggamnya, itulah anggapan yang diberikan oleh masyarakat  pada siswa yang menyandang santri
            Namun waktupun terus berjalan mengitari sang jagat, sehingga santri yang dulunya dikenal denganTawadu’, ber-aIhlak, taat, Ramahdan segala peredikat baik yang telah diberikan masyarakat terhadapsiswa, sekarang perlu adanya revisi kembalai, kerena masalah yang sednag merundung siswa saat ini, buak ahanya msalah yang bisa dianggap ringan kerena sudah bermunculan siswa yang berasal dari pesantren membawa maslah ketengah-tengan masyarakat, dan istilahnya dikenal dengan santri yang tidak dapat barokah(baca; pesantren).
             Hal tersebut sebenarnya bukanlah hal yang sangat ringan, untuk menanggulangi yang demikian perlu adanya pengawasan yang lebih ketat terhadap siswa agar mereka bisa sembuh dari penyakit malas yang sedang menderitanya,seperti yang dikatakan imam Al-Qazali dalam kitab MinhajulAbidin”seseorang yang yang igin menjinakkan nafsu harus memberi beban yang berat terhadap nafsunya”agar nafsunya bisa dijinakkan karena nafsu itu selalu mngajak pada hal yang buruk ibrat biatang buas yang susah untuk dijinakkan ungkapnya.
                Lebih lanjut hal yang serupa juga dikutib oleh Al-Qalayinidalm kitab Ikdatunnasyi’in “seoranganak itu harus diberikanTarbiyah(pendiddikam) mural yang baik dari  sejak dini karena pendikan mural yang baik itu kelak akan memgendalikan perbuatan anak tersebut setelah dia dewasa. Kesadaran dalam hal ini harus dibangun dari diri siswa. Namun untuk membangun kesadran itu perlu kiranya adanya sebuah denda yang hal itu sifatanya mendidik, jadi tidak hayal kemudaian kalau orang yang berwenag untuk menjaga eksistensi santri memberikan sebuah hafalan guna mencerdaskan dan mendidk siswa.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

About

TUTORIAL BLOG

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Hamidi Putra Soddara - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template